Ingin Naik Angkutan Umum di Jakarta, Tiga Aplikasi Ini Sangat Membantu

Home / Wisata / Ingin Naik Angkutan Umum di Jakarta, Tiga Aplikasi Ini Sangat Membantu
Ingin Naik Angkutan Umum di Jakarta, Tiga Aplikasi Ini Sangat Membantu Aplikasi Trafi yang bisa membantu anda untuk memilih transportasi umum di Jakarta (Foto: kaorinusantara)

TIMESSLEMAN, JAKARTA – Kemacetan yang terjadi di Ibu Kota Jakarta membuat angkutan umum pelan tapi pasti menjadi pilihan prioritas. Pengunaan angkutan umum membuat kita sampai lebih cepat dan bebas stress di jalan. Selain itu, juga bisa lebih hemat daripada mengunakan kendaraan pribadi.

Bagi yang masih belum terlalu paham kendaraan umum apa saja yang bisa digunakan di Jakarta, aplikasi aplikasi ini bisa membantu anda agar memilih sesuai kebutuhan dan tentu saja tidak tersesat.

1.    Google Maps

Semua tentu sudah tahu aplikasi Google Maps. Tidak hanya memilki fitur navigasi untuk kendaraan pribadi, tetapi google maps juga bisa digunakan untuk transportasi umum. Caranya, anda tinggal menuliskan tujuan dalam kolom pencarian, kemudian pilih simbol bergambar kereta. Dari itu akan ditawarkan beberapa opsi transportasi umum, termasuk rute dan harga hingga mencapai tujuan. Aplikasi ini juga memberikan estimasi waktu dan berapa kali transportasi umum lewat jalur Anda. Selain itu, Google Maps turut menginformasikan pemberhentian mana saja yang akan anda lewati.

2.    Trafi

Aplikasi ini berasal dan Lithuania dan resmi meluncur di Jakarta sejak Mei 2016. Trafi menyediakan alternatif jalur transportasi menuju tempat dengan menggunakan bus kota, Trans Jakarta, Commuter Line, Angkutan Kota, MRT dan LRT.

Kelebihan aplikasi ini, bisa memantau angkutan secara real time. Pergerakan moda-moda transportasi di sekitar Anda bisa dilihat secara langsung di peta. Saat menunggu, anda sudah bisa memprediksi dimana posisi bus dan kapan akan datang. Trafi juga tetap bisa diakses meski sedang tidak terkoneksi ke Internet.

3.    Moovit

Moovit awalnya hanya bisa dipakai melalui Iphone, tetapi saat sudah tersedia di Android. Mereka mengklaim memberikan kontrol penuh atas perjalanan penggunanya sehingga bisa tenang saat menggunakan transportasi umum.

Fitur panduan Live dengan notifikasi saat turun akan memandu Anda selangkah demi selangkah secara real-time saat Anda bepergian. Ketahui tepatnya angkutan umum mana yang Anda butuhkan, berapa lama atau berapa cepat Anda menunggu, dan berapa pemberhentian yang tersisa. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com