ASOHI Jateng Beri Bantuan Disinfektan Kepada Pemkab Karanganyar

Home / Berita / ASOHI Jateng Beri Bantuan Disinfektan Kepada Pemkab Karanganyar
ASOHI Jateng Beri Bantuan Disinfektan Kepada Pemkab Karanganyar Acara serah terima disinfektan dan sanitizer dari Asohi (Asosiasi Obat Hewan Indonesia) Jateng Peduli di Pendopo Rumdin Bupati Karanganyar. (FOTO: Mukhtarul Hafidh/Times Indonesia)

TIMESSLEMAN, KARANGANYAR – Asosiasi Obat Hewan Indonesia (Asohi) Jawa Tengah bersama organisasi lainnya memberi bantuan cairan disinfektan untuk menyuplai kebutuhan perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS) masyarakat di Kabupaten Karanganyar. Saat menyerahkan bantuan itu, Asohi juga mengedukasi penggunaan tiap jenis bahan kimia dan nonkimia itu.

Ketua Asohi Jawa Tengah, Agus Eko Sulistyo mengatakan masyarakat perlu tahu bahwa tak semua cairan disinfektan aman terkena tubuh atau kulit manusia. Sebagian bahkan membahayakan.

“Antiseptik untuk membunuh kuman penyakit. Aman diterapkan di kulit manusia. Sedangkan disinfektan adalah jenis cairan pembersih yang umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, creosote, alkohol, atau klorin yang bertujuan membunuh berbagai macam bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme berbahaya lain yang terdapat pada ruangan atau permukaan benda,” katanya kepada wartawan usai serah terima bantuan secara simbolis di rumah dinas bupati Karanganyar, Senin (6/4/2020).

serah-terima-disinfektan-dan-sanitizer-2.jpg

Ia meminta masyarakat paham betul kegunaan cairan tersebut. Salah pemakaian tidak malah membunuh kuman penyakit, namun justru merugikan kesehatan. Di hadapan Bupati Karanganyar Juliyatmono dan tim gugus tugas penanggulangan covid-19 Kabupaten Karanganyar, Asohi meminta hal itu disosialisasikan ke masyarakat awam yang butuh diedukasi.

Spraying disinfektan pada manusia hanya saat mereka mengenakan alat pelindung diri (APD). Sedangkan cairan yang diterapkan di kulit, Asohi juga menyiapkannya khusus.

Dalam paket bantuannya, Asohi menyediakan 35 liter disinfektan berbagai merek, 5 liter hand sanitizer, tujuh dus air minum kemasan dan 45 kilogram telur. Paket bantuan itu dapat didistribusi sesuai kebutuhan Pemkab Karanganyar.

Bantuan serupa juga menyasar RS Dr Moewardi Solo, Kabupaten Magelang dan Kota Solo. Logistik kesehatan itu diperoleh dari donasi anggota dan masyarakat peduli pandemi Covid-19

Dari pakar peternakan, Eka Handayanta mengatakan pihaknya memiliki akses lebih mudah terkait pengadaan cairan kimia dan obat-obatan itu. Oleh karenanya pemkab diminta tak perlu khawatir meminta bantuan kapan saja. Ia juga mengingatkan masyarakat memahami benar tata cara pemakaian antiseptik maupun disinfektan.

“Masyarakat harus memahami benar tata cara pemakaian antiseptic maupun desinfektan,” ucapnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya


    Warning: file_get_contents(https://api.times.co.id/v1/news/?key=btuFQN6oYoyxsJwOyd7R&net_id=85&offset=0&limit=5&news_type=othernews&news_id=117905&cat_id=1): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 503 Service Unavailable in /home/indoroot/public_path/v1/library.php on line 18

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/indoroot/public_path/v1/d/app/views/news.detail.php on line 246

Komentar

Top
satriamedia.com